Selamat Datang

Mari berdiskusi dan berbagi untuk anak negeri

Tujuan Pembelajaran IPA Kelas IX

Kompetensi Dasar / Indikator
1.1. Mendeskripsikan system ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan pentingnya system eskresi bagi tubuh manusia
2. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan organ yang berperan dalam system ekskresi serta zat yang dikeluarkannya
3. Melalui pengamatan, siswa dapat menjelaskan struktur anatomi ginjal
4. Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan proses pembentukan urin
5. Melalui pengamatan, siswa dapat menjelaskan fungsi ginjal
6. Melalui pengamatan dan eksperimen, siswa dapat mendeskripsikan zat yang dikeluarkan oleh kulit
7. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan zat yang dikeluarkan oleh hati
8. Melalui diskusi dan penugasan, siswa dapat mendeskripsikan contoh kelainan pada system ekskresi yang sering dijumpai ddalam kehidupan sehari-hari
9. Melalui diskusi dan penugasan, siswa dapat mendeskripsikan contoh penyakit pada system ekskresi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
10 Melalui diskusi dan penugasan, siswa dapat menjelaskan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kelainan dan penyakit pada system eksresi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

1.2. Mendeskripsikan system reproduksi pada makhluk hidup dan penyakit yang berhubungan dengan system reproduksi pada manusia
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan macam reproduksi pada tumbuhan
2. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan macam reproduksi pada hewan
3. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan organ reproduksi pada pria
4. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan organ reproduksi pada wanita
5. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan fungsi organ reprodukai pada pria dan wanita
6. Melalui diskusi dan penugasan, siswa dapat mendeskripsikan contoh kelainan pada sistem reproduksi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
7. Melalui diskusi dan penugasan, siswa dapat mendeskripsikan contoh penyakit pada system reproduksi yang sering dijumpai pada kehidupan sehari-hari
8. Melalui diskusi dan penugasan, siswa dapat menjelaskan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kelainan dan penyakit pada system reproduksi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari



Kompetensi Dasar / Indikator
1.1. Mendeskripsikan system ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan pentingnya system eskresi bagi tubuh manusia
2. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan organ yang berperan dalam system ekskresi serta zat yang dikeluarkannya
3. Melalui pengamatan, siswa dapat menjelaskan struktur anatomi ginjal
4. Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan proses pembentukan urin
5. Melalui pengamatan, siswa dapat menjelaskan fungsi ginjal
6. Melalui pengamatan dan eksperimen, siswa dapat mendeskripsikan zat yang dikeluarkan oleh kulit
7. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan zat yang dikeluarkan oleh hati
8. Melalui diskusi dan penugasan, siswa dapat mendeskripsikan contoh kelainan pada system ekskresi yang sering dijumpai ddalam kehidupan sehari-hari
9. Melalui diskusi dan penugasan, siswa dapat mendeskripsikan contoh penyakit pada system ekskresi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
10 Melalui diskusi dan penugasan, siswa dapat menjelaskan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kelainan dan penyakit pada system eksresi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

1.2. Mendeskripsikan system reproduksi pada makhluk hidup dan penyakit yang berhubungan dengan system reproduksi pada manusia
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan macam reproduksi pada tumbuhan
2. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan macam reproduksi pada hewan
3. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan organ reproduksi pada pria
4. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan organ reproduksi pada wanita
5. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan fungsi organ reprodukai pada pria dan wanita
6. Melalui diskusi dan penugasan, siswa dapat mendeskripsikan contoh kelainan pada sistem reproduksi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
7. Melalui diskusi dan penugasan, siswa dapat mendeskripsikan contoh penyakit pada system reproduksi yang sering dijumpai pada kehidupan sehari-hari
8. Melalui diskusi dan penugasan, siswa dapat menjelaskan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kelainan dan penyakit pada system reproduksi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar / Indikator
1.3. Mendeskripsikan system koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan pentingnya system koordinasi bagi tubuh manusia
2. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan tiga macam sel saraf berdasarkan fungsinya
3. Melalui pengamatan, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian dari sel saraf
4. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan proses gerak reflex dan gerak biasa
5. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan fungsi otak, sumsum tulang belakang dan saraf
6. Melalui pengamatan dan diskusi, siswa dapat mendeskripsikan bagian-bagian mata dan fungsinya
7. Melalui pengamatan dan diskusi, siswa dapat mendeskripsikan bagian-bagian telinga dan fungsinya
8. Melalui pengamatan dan diskusi, siswa dapat mendeskripsikan bagian-bagian hidung dan fungsinya
9. Melalui pengamatan dan diskusi, siswa dapat mendeskripsikan bagian-bagian kulit dan fungsinya
10 Melalui pengamatan dan diskusi, siswa dapat mendeskripsikan bagian-bagian lidah dan fungsinya
11 Melalui diskusi dan penugasan, siswa dapat mendeskripsikan contoh kelainan dan penyakit pada system koordinasi dan alat indera yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
12 Melalui diskusi dan penugasan, siswa dapat menjelaskan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kelainan dan penyakit pada system koordinasi dan alat indera yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari



Kompetensi Dasar / Indikator
2.1. Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan peran adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan terhadap kelangsungan hidup makhluk hidup
2. Melalui diskusi dan eksperimen, siswa dapat mendeskripsikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam
3. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup hubungannya dengan kemampuan reproduksi yang dimilikinya
4. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan hubungan antar populasi dengan seleksi alam
5. Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan peran perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup
6. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan

2.2. Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat
2. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan pengertian sifat resesif
3. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan pengertian sifat dominan
4. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan pengertian sifat intermediet

2.3. Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya
Tujuan Pembalajaran :
1. Melalui diskusi dan demonstrasi, siswa dapat menentukan gamet dari genotip tetua /induk
2. Melalui diskusi dan eksperimen pada bagan, siswa dapat menentukan rasio hasil persilangan monohibrida dan dihibrida

Kompetensi Dasar / Indikator
2.4. Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan pengertian bioteknologi
2. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan
3. Melalui diskusi dan penugasan, siswa dapat mendeskripsikan produk-produk bioteknologi konvensional dan modern di lingkungan sekitarnya
4. Melalui penugasan, siswa dapat membuat produk bioteknologi sederhana yang dapat dimanfaat- kan dalam kehidupan sehari-hari



3.1. Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui diskusi dan demonstrasi, siswa dapat mendeskripsikan benda dapat bermuatan listrik jika diberi perlakuan tertentu
2. Melalui diskusi, siswa dapat member contoh peristiwa yang menghasilkan benda yang bermuatan listrik
3. Melalui eksperimen sederhana, siswa dapat menunjukkan sifat muatan listrik
4. Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta jarak antara benda bermuatan listrik


Kompetensi Dasar / Indikator
3.2. Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan konsep arus listrik dan beda potensial
2. Melalui diskusi dan eksperimen, siswa dapat membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun paralel
3. Melalui penugasan, siswa dapat menggambarkan arus listrik dan beda potensial dalam bentuk table dan grafik
4. Melalui diskusi dan eksperimen, siswa dapat mendeskripsikan hubungan antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian
5. Melalui pengamatan, siswa dapat mengidentifikasi bahan yang termasuk konduktor, semi konduktor, dan isolator
6. Melalui diskusi, siswa dapat menggunakan Hukum Kirchoff I untuk menghitung V dan I dalam rangkaian
7. Melalui diskusi, siswa dapat menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri dan paralel

3.3. Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan konsep gaya gerak listrik (GGL) sumber arus listrik
2. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan susunan dan cara kerja elemen listrik primer dan sekunder
3. Melalui diskusi dan eksperimen, siswa dapat mengukur tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit (tegangan terpakai)



Kompetensi Dasar / Indikator
3.4. Mendeskripsikan hubungan energy dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan hubungan antara V, I dengan energy listrik yang digunakan
2. Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan hubungan antara daya listrik, energy listrik, dan satuannya
3. Melalui pengamatan dan diskusi, siswa dapat menghitung biaya penggunaan listrik rumah tangga berdasarkan angka yang tertera pada kWh meter
4. Melalui penugasan, siswa dapat mendeskripsikan perubahan energy listrik menjadi energy bentuk lain
5. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan cara-cara penghematan energy dalam kehidupan sehari-hari dan mengemukakan alasannya
Category: 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar