Selamat Datang

Mari berdiskusi dan berbagi untuk anak negeri

Senyum dikit

Janji Joni pada Pak Guru
Guru : Bukankah kamu sudah berjanji tidak akan nakal?
Joni : Iya Pak!
Guru : Bukankah saya juga janji akan menghukum kamu kalau kamu masih nakal lagi?
Joni : Iya Pak, tapi karena saya sudah melanggar janji, maka Bapak tidak perlu juga menepati janji Bapak itu.
Category: 0 komentar

Menjadi Guru Yang ikhlas

Undang-undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 4 menyiratkan bahwa guru sebagai agen pembelajaran berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. untuk dapat melaksanakan fungsinya dengan baik, maka seorang guru paling tidak harus memiliki 4 kompetensi, yaitu :
1. Kompetensi Paedagogik,
2. Kompetensi Profesional,
3. Kompetensi Sosial,
4. Kompetensi Kepribadian
Kompetensi Paedagogik, meliputi :
1. Pemahaman wawasana atau landasan kependidikan
2. Pemahaman terhadap peserta didik
3. Pengembangan kurikulum/silabus
4. Perancangan pembdajaran
5. Pelaksanaan pembelajarari yang mendidik dan dialogis
6. Pemanfaatan teknologi pembelajaran
7. Evaluasi hasil belajar
8. Pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya
Kompetensi Kepribadian, meliputi :
1. Mantap
2. Berakhlak mulia
3. Arifdanbijaksana
4. Berwibawa
5. Stabil
6. Dewasa
7. Jujur
8. Menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat
9. Secara objektif mengevaluasi kinerja sendiri
10. Mengembangkan din secara mandiri dan berkelanjutan
Kompetensi Sosial, meliputi :
1. Berkomunikasi lisan, tulisan, isyarat
2. Menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional
3. Bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, pimpinan satuan pendidikan. orang tualwali peserta didik
4. Bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar dengan mengindahkan norma serta sistem nilai yang berlaku
5. Menerapkan prinsip-prinsip persaudaraan sejati dan semangat kebersamaan
Kompetensi Profesional, meliputi :
Kemampuan guru dalam pengetahuan isi (content knowledge)’ penguasaan:
1. Maten pelajaran secara luas dan mendalam sesuai standar isi program satuan pendidikan, mata pelajaran. atau kelompok mata pelajaran yang diampu
2. Konsep-konsep dan metode disiplin keilmuan, teknologi, atau seni yang relevan. yang secara konsepiua menaungi atau koheren dengan program satuan pendidikan. mata petajaran, atau kelompok mata pelajaran yang diampu
Untuk menjadi guru yang baik sesuai dengan harapan masyarakat memang tidaklah mudah, dibutuhkan motivasi yang kuat dari pribadi guru itu sendiri. Dengan penghasilan yang pas-pasan di tengah tingginya tuntutan kehidupan maka tidak ada cara lain agar tetap menjadi guru yang baik yaitu dengan keiklhasan. Dengan modal keikhlasan di dalam menjalani profesi sebagai seorang guru, maka berbagai hambatan dan tantangan yang dihadapi Insya Allah akan terasa lebih ringan, dan kita akan lebih profesional.
Untuk sebagian kita mungkin tidak sependapat dengan konsep keikhlasan ini, itu hal yang wajar mengingat keberadaan kita di tengah berbagai himpitan dan tuntutan kehidupan. Tapi, bagi anda yang menginginkan kesenangan sebagai seorang guru, maka kunci utamanya haruslah ikhlas, tidak terlalu pragmatis, dan selalu enjoy dengan profesi ini. (Ini merupakan motivasi untuk diriku).

link terkaithttp://gurupemula.co.cc/4-standar-kompetensi-guru/
Category: 0 komentar

Tulisan pertamaku

Sekian lama kutunggu saat ini, akhirnya bisa juga aku mulai melangkahkan hasratku untuk bisa nimbrung di dunia para Bloger (maaf kalau bahasanya ngawur). Sudah cukup banyak belajar dari dunia maya untuk menyomot file-file yang ku butuhkan (makasih untuk yang punya file), rasanya kaya nggak adil kalau hanya bisa ngeliat dari luar. Rasa penasaran untuk bisa juga fileku dilihat orang mendorong aku untuk belajar ngeblog (sori bukan riya), hanya untuk ngungkapin perasaan senangku udah bisa buat blog sendiri. Untuk kamu-kamu yang udah dewasa di sini tolongin aku yaaaa. Thanks
Category: 0 komentar